Jokowi Minta Siapkan Skenario Penanganan Virus Korona

0
(0)

Jakarta,HN – Saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNBP), Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan semua instansi pemerintah, baik di pusat maupun di daerah, harus menyiapkan skenario penanggulangan virus korona di Indonesia.

“Saya juga perlu ingatkan bencana bukan bencana alam. Contohnya kita bisa lihat virus corona. Ini bencana nonalam. Hati-hati dengan ini. Kita harus punya skenario kalau itu terjadi,” kata Jokowi di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2/2020).

Meski ia mengharapkan wabah virus korona seperti di Wuhan, Provinsi Hubei, Republik Rakyat Tiongkok (RRT) tidak terjadi di Indonesia, tetapi Kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah (Pemda) harus menyiapkan berbagai langkah penanganan virus Korona untuk menghadapi kemungkinan masuk ke Indonesia.

Sehingga saat itu terjadi, pemerintah pusat dan daerah, kementerian dan lembaga tidak gagap atau lambat dalam melakukan penanganan mulai dari evakuasi hingga isolasi.

”Tetapi semoga tidak terjadi di negara kita. Tetapi kita harus punya skenario. Langkah itu harus kita miliki. Kalau tidak, kita akan tergagap-gagap,” ujar Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menegaskan telah memberikan contoh saat pengambilan keputusan evakuasi 243 warga negara Indonesia (WNI) dari Wuhan pada Jumat (1/2/2020).

Keputusan yang diambil sangat cepat itu, langsung diresmikan sejumlah kementerian terkait dengan sangat cepat. Sehingga dalam hitungan dua hari, 243 WNI tersebut sudah tiba di Indonesia dan langsung dibawa ke Natuna untuk menjalani observasi selama 14 hari.

“Reaksi yang sangat cepat. Reaksi dari Kementerian Luar Negeri, BNBP, didukung penuh Panglima TNI, Kapolri, dalam evakuasi WNI kita di Wihan dibawa ke Tanah Air dalam kecepatan yang cepat. Diputuskan cepat, dilaksanakan cepat. Hal ini yang saya apresiasi, kecepatan seperti itu,” ungkap Jokowi.

Untuk penanganan virus Korona, Jokowi akan menggelar rapat terbatas bersama para menteri dan pimpinan lembaga terkait di Istana Bogor sore hari ini.

Hendro

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *