Komisi III Cecar Kapolri soal Harun Masiku dan Penyekapan Anggota KPK

Spread the love

Jakarta : Komisi III DPR RI melakukan Rapat Kerja dengan Kapolri Jendral Polisi Idham Azis. Dalam Raker tersebut, Anggota Komisi III DPR RI, Sarifudin Suding mempertanyakan adanya laporan posisi buronan KPK Harun Masiku yang sempat berada di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), serta adanya laporan anggota KPK disekap di PTIK karena ingin menangkap Harun Masiku atas kasus suap PAW Caleg DPR RI.

“Bahwa Penyidik KPK pada saat itu disekap semalam suntuk, kenapa Harun Masiku ke sana ke PTIK itu juga jadi pertanyaan, setelah dilacak kuat dugaan Harun Masiku ke sana karena Gubernur PTIK mantan Penyidik KPK,” kata Sarifudin Suding kepada Kapolri di Gedung DPR RI, Jakarta, pada Kamis (30/1/2020).

Menanggapi dugaan laporan ini, Kapolri Jendral Polisi Idham Aziz membantah adanya dugaan posisi buronan KPK Harun Masiku sempat berara di PTIK Jakarta. Kapolri juga membantah adanya penyekapan anggota KPK yang dilakukan anggota Kepolisian.

“Tidak ada kata penyekapan, karena paginya mau ada kegiatan bapak Wapres tentu mereka dengan dalih dilakukan pemeriksaan oleh Provos PTIK, kemudian Harun Masiku hadir di sana karena hubungan dengan Gubernur PTIK, saya tidak tahu bersangkutan ada di PTIK,” jawab Kapolri Jendral Polisi Idham Azis.

Sebelumnya Menkumham Yasonna Laoly telah mencopot Ronny F Sompie pada jabatan Dirjen Imigrasi, karena dianggap lalai terkait keterlambatan pelacakan data Harun Masiku di Indonesia. Diketahui Buronan KPK Harun Masiku yang juga politisi asal PDI P telah berada di Indonesia pada Selasa, 7 Januari 2020 lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *