Friday, May 7

20 April, Stimulus UMKM Rp400 Miliar Cair

Jakarta: Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah akan menggelontorkan stimulus untuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) senilai Rp400 miliar. Stimulus itu mulai dilakukan pada 20 April 2021.

Meski begitu, Luhut tidak menyebut berapa nilai stimulus UMKM yang akan digelontorkan. Sementara itu, pada periode Juni-Juli 2021, pemerintah kembali menggelontorkan Rp2 triliun untuk stimulus di sektor wisata. Khususnya, program Bangga Berwisata di Indonesia.

“Laporan yang saya dapat demand terus naik, dan juga nanti stimulus Rp 400 miliar, tanggal 20 bulan ini akan diluncurkan. Dan juga Juni-Juli akan diluncurkan Rp2 triliun untuk (program) Bangga Berwisata di Indonesia,” ujar Luhut seperti dikutip dari Okezone.com.

Langkah tersebut bagian dari pelaksanaan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di tengah pandemi Covid-19. Luhur menyebut, langkah tersebut adalah sikap proaktif pemerintah untuk menggenjot pemulihan ekonomi dalam negeri.

“Ini saya pikir langkah-langkah pemerintah betul-betul proaktif untuk pendukung ekonomi kita lebih kuat,” kata dia.

Pemerintah memang tengah mengkampanyekan gerakan Bangga Berwisata di Indonesia kepada masyarakat. Gerakan ini dinilai perlu dilakukan untuk memulihkan sektor wisata di Indonesia yang terdampak pandemi Covid-19.

:Selama pandemi, penurunan jumlah wisatawan domestik ke berbagai destinasi wisata di Indonesia mengalami penurunan drastis. Selain untuk memulihkan perekonomian nasional, dengan kita bangga berwisata di Indonesia maka akan tumbuh rasa bangga dan kepemilikan atas berbagai potensi wisata di dalam negeri,” kata Luhut dalam acara Forum Komunikasi Marves beberapa waktu lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *