Monday, April 12

2.200 Calon Planet Baru Ditemukan NASA

Jakarta: Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) pada 2018 lalu telah meluncurkan sebuah satelit dalam misi pengamatan planet diluar tata surya (eksoplanet).

Dari hasil pengamatan selama kurang lebih 2 tahun ini, Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS), melaorkan telah menemukan sekitar 2.200 planet potensial. Bahkan manfaat planet-planet itu sendiri telah diulas dalam makalah khusus yang merinci semua misi TESS selama dua tahun ini.

Bahkan Natalia Guerrero yang merupakan penulis makalah sekaligus peneliti Massachusetts Institute of Technology ini mengatakan jika eksoplanet TESS harus dikerjakan dengan 2.00 hal.

“Hal menarik yaitu melihat peta eksoplanet TESS seperti daftar yang harus dikerjakan, dengan 2.000 hal di dalamnya,” kata Natalia Guerrero.

Selain itu, sebanyak ratusan planet lebih kecil dari Bumi, sebagian di antaranya punya kondisi bebatuan seperti Bumi walau tidak pasti bisa dihuni manusia seperti TOI–700 d yang berjarak hanya 100 tahun cahaya.

Tidak hanya itu, ada LHS 3844 b yang disebut juga mirip dengan Bumi namun sangat panas dengan waktu orbit hanya 11 jam. Kemudian TOI 1690 b diperkirakan sebagai korban bintang red giant yang menelan sendiri planet di orbitnya sendiri dan ada TOI 849 yang terlihat seperti planet gas tanpa pernah memiliki atmosfer.

Meskipun seperti itu, ribuan planet sudah ditemukan, bahkan tidak ada jaminan satu per satu akan diteliti, sejauh ini NASA hanya pernah mengkonfirmasi 120 planet. NASA bakal menggunakan teleskop luar angkasa James Webb Space untuk mempelajari planet lebih rinci.

Diketahui sebelum TESS, NASA sudah punya satelit dengan misi serupa yang dinamakan Kepler. Satelit Kepler saat ini sudah lebih dari 10 tahun di angkasa dan menemukan setidaknya 2.342 planet di luar tata surya dan lebih dari 2.245 kandidat lainnya yang perlu dipelajari.

Puluhan planet temuan Kepler berada di zona habitat dari bintangnya yang disebut zona Goldilocks. Dalam area ini planet cukup jauh dengan bintang hingga air bisa tersedia, namun tidak terlalu dekat sampai terbakar panas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *