Friday, April 16

Tantangan Semakin Berat, Mutasi Covid-19 B117, Menjangkit TKW Asal Karawang

Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes), telah memberikan konfirmasi bahwa varian baru Covid-19 B117 asal Inggris, sudah ditemukan di Indonesia.

Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil mengkonfirmasi, jenis mutasi dari Covid-19 itu ditemukan di Kabupaten Karawang.

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Karawang, Fitra Hergyana mengatakan, Covid-19 B117 tersebut diderita oleh dua Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Karawang.

“Pertama adalah M (41) asal Kecamatan Lemahabang dan A asal Kecamatan Pedes. Keduanya merupakan PMI dari Arab Saudi,” kata Fitra Hergyana, dilansir Tribun Jabar, Rabu (3/3/2021).

Fitra menyebut, keduanya diketahui terjangkut B117 setelah Kemenkes melakukan whole genome sequencingnya Balitbang Kemenkes, kepada para TKW yang sebelumnya menjalani isolasi di Pademangan, Jakarta.

Diceritakan Fitra, A pulang dari Arab Saudi pada 28 Januari dan M pulang pada 31 Januari melalui Bandara Soekarno-Hatta.

Lalu, saat tiba di Indonesia mereka dinyatakan positif Covid-19, yang selanjutnya mereka mendapatkan perawatan di Pademangan. Setelah dinyatakan negatif Covid-19, mereka kembali pulang ke Karawang.

“Kemudian Kemenkes mengambil sampel untuk dilakukan whole genome sequencingnya dan hasilnya baru kemarin keluar dan ternyata merupakan virus varian B.1.1.7 asal Inggris,” katanya.

Meski demikian, Fitra memastikan varian virus asal Inggris tersebut telah mati. Karena, M dan A telah dinyatakan negatif sebelum dinyatakan pulang.

“Jadi virusnya sudah mati,” katanya

Sebelumnya, Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono mengkonfirmasi, jika mutasi Covid-19 yang berasal dari Inggris bernama B.1.1.7, sudah masuk ke Indonesia.

Dante mengatakan, sudah ditemukan dua kasus Covid-19 dengan mutasi B.1.1.7 tersebut di Indonesia.

“Ada berita yang saya terima dari 1 tahun kita melakukan refleksi, kalau 1 tahun yang lalu kita menemukan kasus 01 dan 02 COVID-19, tadi malam saya mendapatkan informasi bahwa dalam tepat satu tahun hari ini kita menemukan mutasi B117 UK Mutation di Indonesia. Ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan dua kasus,” kata Dante dalam acara ‘Inovasi Indonesia untuk Indonesia Pulih Pasca Pandemi’, yang disiarkan di YouTube Kemenristek/BRIN, Selasa (2/3/2021).

Dante menyebut, masuknya mutasi virus Covid-19 dari Inggris ini, akan membuat tantangan masyarakat Indonesia dalam menghadapi pandemi semakin berat.

Oleh karena itu, menurutnya, dibutuhkan riset dan model penanganan yang lebih baik.

“Artinya apa, artinya kita akan menghadapi pandemi ini dengan tingkat kesulitan yang semakin berat. Dari 462 yang sudah kita cek di seluruh Nusantara dalam beberapa bulan ini, kita sudah menemukan dua kasus tadi malam dan refleksi itu akan membuat tantangan baru ke depan untuk lebih mengembangkan proses-proses yang berkaitan dengan riset yang semakin cepat, studi-studi epidemiologis secara analitis, karena proses mutasi ini sudah ada di sekitar kita,” sebutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *