Friday, May 7

Alasan Jakarta Belum Lakukan Lockdown Akhir Pekan

Jakarta: Issu mengenai Lockdown akhir pekan di DKI Jakarta sepertinya akan tertunda. Pasalnya menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria saat ini Jakarta belum bisa melakukan hal itu, lantaran masih menjalankan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Untuk lockdown akhir pekan, untuk sementara kan kalau sampai tanggal 8 belum dimungkinkan, karena kami kan sampai tanggal 8 melaksanakan PPKM jilid dua atau PSBB yang diperketat,” kata Riza Patria dikutip dari CNNIndonesia, Jumat (5/2/2021).

Diketahui sebelumnya jika Jakarta diperkirakan akan melakukan lockdown akhir pekan dalam waktu dekat, mengingat peningkatan kasus Covid-19 di Jakarta semakin meningkat. Tetapi hal tersebut tidak mungkin dilakukan hingga 8 Febuari 2021 mendatang.

Maka dari itu Riza mengatakan pihaknya nantinya akan mempertimbangkan usulan lockdown akhir pekan. Pihak-pihak terkait juga akan mengkaji kembali mengenai langkah apa saja yang nantinya akan diambil selama lockdown akhir pekan ini.

“Nanti kebijakan dari tanggal 9 sampai 14 hari kemudian, itu akan diputuskan setidaknya tanggal 8 atau 7, itu artinya hari Minggu. Sebelum memutuskan kita lakukan penelitian, kajian, dengarkan masukan dari banyak pihak, koordinasi dengan pemerintah pusat,” kata Riza.

Sebagai informasi, diketahui usulan lockdown akhir pekan ini pertama kali dinyatakan oleh Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Daulay. Keputusan tersebut disampaikan karena ia melihat kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) maupun Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) terbukti tak efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *