Monday, May 10

Filipina Laporkan Kasus Pertama Varian Baru Virus Corona

Jakarta – Filipina pada Rabu malam mengonfirmasi kasus pertama varian baru Virus Corona Covid-19 dari Inggris,.

Dalam pernyataannya, Departemen Kesehatan Filipina (DOH) dan Pusat Genom Filipina (PGC) mengatakan varian baru Covid-19 jenis B.1.1.7. itu terdeteksi pada seorang warga yang tiba dari Uni Emirat Arab pada 7 Januari lalu.

Pria tersebut diketahui berangkat ke Dubai pada 27 Desember 2020 untuk perjalanan bisnis dan tiba di Filipina melalui penerbangan maskapai Emirates.

Pasien itu juga diketahui tiba di Filipina bersama seorang wanita yang diyakini pasangannya, namun wanita tersebut kemudian dites negatif Covid-19, menurut DOH.

“Kedua warga Filipina yang baru pulang itu tidak terpapar virus sebelum keberangkatan mereka ke Dubai atau melakukan aktivitas perjalanan di luar Kota Quezon,” kata DOH, merujuk pada pinggiran kota di dekat Ibu Kota Manila.

DOH mengatakan pelacakan kontak (antara keduanya) telah dilakukan, dan kontak pertama yang teridentifikasi tidak menunjukkan gejala dan saat ini di bawah karantina mandiri yang ketat.

Sejauh ini sejumlah negara di Asia Tenggara telah mengonfirmasi virus varian baru ini di antaranya Thailand, Singapura, dan Malaysia.(AA/EP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *