Friday, June 18

Kasus Covid-19 Mencemaskan, Fokus Penyelamatan Warga

Jakarta: Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera mengatakan kasus Covid-19 di Indonesia sudah mencemaskan. Hal itu lantaran Indonesia mencatat penambahan kasus positif Covid-19 sebesar 7.445 pada Selasa (5/1/2020) kemarin.
“Bukan 10 atau 20 warga yg minta bantuan by WA tentang kesulitan rumah sakit. Ternyata merata darurat, ini mencemaskan,” kata Mardani di akun Twitternya yang dilihat rri.co.id, Rabu (6/1/2021).

Untuk itu, Mardani meminta pemerintah untuk fokus penyelamatan warga dari virus Covid-19.

“Kondisi kritis seharusnya jadi prioritas pemerintah saat ini. Fokus penyelamatan warga, jgn gaduh dgn ormas terus. @KemenkesRI,” tambahnya.

Tercatat, jumlah kasus aktif atau pasien yang masih berjuang melawan Covid-19 pada saat ini sebanyak 110.693 atau 14,2 persen. Akibatnya jumlah ketersediaan tempat tidur rumah sakit (BOR atau Bed Occupation Rate) membludak, dan tenaga kesehatan menipis.

Juru Bicara Pemerintah Untuk Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menjelaskan, perkembangan kasus positif Covid-19 mingguan memperlihatkan kembali kenaikan kasus. Dan kenaikannya minggu ini sebesar 7,3 persen dibanding minggu sebelumnya. ’’Jika dilihat dari tren perkembangannya, ICU dan isolasi makin meningkat dan mengkhawatirkan,’’ kata Prof Wiku dalam konferensi pers virtual, Selasa (5/1/2021).

Di beberapa daerah, keterisian ICU dan Isolasi rumah sakit di daerah melebih 70 persen. Atau tersisa 30 persen saja. Yaitu di sejumlah provinsi seperti DKI Jakarta, Banten, Jogjakarta, Jawa Barat, Sulawesi Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, dan Sulawesi Tengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *