Buru Ali Kalora, TNI Mulai Menyusuri Hutan,

0
(0)

Jakarta: Sejumlah prajurit TNI AD sudah mulai melakukan penyisiran untuk memburu kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT), di Desa Lembangtongoa, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Selasa (1/12/2020).

Penyisiran itu dilakukan pasca terbunuhnya empat warga di desa tersebut pada Jumat (27/11/2020) lalu, yang diduga kuat dilakukan oleh kelompok MIT Poso pimpinan Ali Kalora.

Pasukan TNI yang tergabung dalam Satgas Tinombala mulai melakukan penelusuran dengan titik awal sekitar perkampungan warga yang menjadi lokasi penyerangan yang diduga dilakukan kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora, di Dusun Lewonu, Desa Lemban Tongoa, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Istana Merdeka Jakarta melihat, upaya menangkap kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Ahmad alias Ali Kalora, bukan perkara mudah, namun harus terus diupayakan sekuat tenaga.

Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko, mengatakan, Operasi Tinombala yang dimulai sejak 2015 itu, menemui sejumlah kendala dalam upaya menangkap kelompok MIT, di antaranya area hutan dan pegunungan yang dimanfaatkan pelaku sebagai tempat persembunyian.

“Kalau kita gambarkan di sini mungkin, ‘koq susah amat sih enggak bisa diberesin?’, tapi kalau teman-teman melihat medannya di sana, gunungnya itu berlapis-lapis seperti itu, memang tidak mudah,” kata Moeldoko melalui rekaman suara yang dibagikan kepada wartawan di Jakarta, Selasa (1/12/2020).

Saat ini, kelompok teroris yang dipimpin Ali Kalora itu menyisakan 10 anggota.

Namun demikian, jumlah mereka yang sedikit, menurut eks Panglima TNI itu justru membuat pencarian semakin sulit.

Moeldoko mengatakan, para anggota MIT itu dapat membaur dengan masyarakat dan memiliki manuver yang cepat.

Mereka, kata Moeldoko, juga sudah memahami seluk beluk daerah pegunungan di sana.

“Itu juga salah satu kesulitan yang dihadapi pasukan yang diturunkan ke sana,” tutur Moeldoko.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *