Ruang ICU RS di DKI, Banten, Jabar dan Jateng Nyaris Penuh

5
(230)

Jakarta – Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan tingkat keterisian ruang perawatan intensif (ICU) di sejumlah rumah sakit di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat dan Jawa Tengah meningkat menyusul terjadinya lonjakan kasus Covid-19 dalam beberapa waktu terakhir.

“Sejumlah rumah sakit di Banten, Jawa Barat dan Jawa Tengah mengalami peningkatan di atas 70 persen untuk ICU. Sedangkan Jakarta keterisian ICU mencapai 69,5 persen. Tetapi ini pun harus bisa diupayakan untuk tidak bertambah lagi,” kata Doni dalam konferensi pers usai rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (23/11).
Doni mengatakan dalam beberapa hari terakhir terjadi penambahan kasus Covid-19 yang signifikan. Bahkan di DKI Jakarta, penambahan kasus mencapai 1.500 kasus per harinya. “Beberapa hari terakhir terjadi penambahan kasus di sejumlah daerah. Bahkan di ibu kota negara mencapai kasus yang relatif lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Dua hari lalu mencapai 1.579 dan kemarin 1.300-an,” jelasnya.

Baca Juga : Jika Kasus Corona Naik, Libur Nataru Ditiadakan

Kepala BNPB itu mensinyalir salah satu penyebab penambahan kasus Covid-19 adalah libur panjang saat akhir Oktober 2020 lalu. “Sejumlah kasus yang ikut menambah terjadinya kasus selama libur panjang adalah kegiatan kerumunan yang terjadi dalam beberapa hari terakhir. Terutama di wilayah Bandara Soekarno Hatta, di wilayah Kelurahan Petamburan, dan juga wilayah Slipi. Kemudian juga Tebet Timur, serta Megamendung,” Di sisi lain, terdapat kabar baik dari penanganan Covid-19 di Indonesia. Menurut Doni, selisih kasus aktif Covid-19 di Indonesia dengan global sudah mencapai 15,65 persen. Demikian juga kesembuhan selisihnya sudah mencapai 14,83 persen, selisih yang sangat tinggi. Negara kita 84,03 persen dan kesembuhan global 69,20 persen.

“Terjadi selisih 15,65 persen kasus aktif Indonesia dengan dunia. Kasus aktif kita 12,78 persen, dan kasus aktif dunia 28,43 persen. Di sejumlah negara terjadi kenaikan kasus sangat tinggi,” ujarnya. (Aza/Ant)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 230

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *