Monday, May 10

BI Jabar Dorong Pertumbuhan UMKM

Bandung: Untuk mendorong pemulihan ekonomi Jawa Barat pada masa pandemi, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat bersama Pemprov Jabar, Dekrnasda, OJK dan BMPD Jawa Barat kembali menyelenggarakan showcasing/display fisik UMKM terpilih peserta KKI 2020, Jumat (20/11/2020).

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Herawanto mengakui, dampak pandemi berimbas ke berbagai sektor, termasuk UMKM.

Dikatakannya, UMKM merupakan sektor yang memiliki kontribusi besar terhadap perekonomian nasional, termasuk Jawa Barat. Selain mampu menyediakan lebih dari 90% lapangan kerja dan memberikan sumbangan sekitar 60% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), UMKM juga mampu menyumbang sekitar 14% terhadap ekspor dan lebih dari 50% terhadap investasi.

“Dimasa pandemi ini, industri perbankan memiliki peran penting dalam upaya pemulihan ekonomi nasional, khususnya dalam penyaluran kredit kepada pelaku usaha di sektor yang mampu menyerap tenaga kerja dan memiliki kontribusi besar dalam mendorong laju ekonomi, termasuk UMKM,” ungkap Herawanto disela acara pembukaan Karya Kreatif Indonesia Seri 3, di hotel Savoy Homan Bandung Jumat,(20/11/2020).

Ditambahkannya, pengembangan UMKM merupakan bagian penting dari rekomendasi BI Jawa Barat untuk pemulihan ekonomi provinsi yang sarat dengan pelaku usaha UMKM ini. Salah satunya, dengan memfasilitasi business matching dan akses pembiayaan UMKM kepada industri perbankan.

Selain itu juga, sebagai bentuk dedikasi untuk negeri dan sejalan dengan program pengembangan kapasitas ekonomi pelaku UMKM, BI Jawa Barat juga memiliki Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) yang dilakukan secara sistematis dan terencana melalui aktivitas pemberdayaan masyarakat dan kepedulian sosial. Salah satu program utama pengembangan UMKM yang diakukan Bank Indonesia adalah On-boarding UMKM yang dilakukan secara terintegrasi.

Dalam acara itu juga, dilakukan penandatanganan akad pembiayaan senilai Rp5,72 miliar kepada beberapa UMKM di Jawa Barat yang diberikan oleh PT Bank Mandiri (Persero), Tbk; PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk; PT Bank Central Asia, Tbk; PT Bank Negara Indonesia, Tbk, BJB dan PT Bank Syariah Mandiri. Penandatanganan akad pembiayaan dilakukan oleh Pimpinan dari masing-masing bank dan disaksikan oleh Kepala BI Jawa Barat, Herawanto, Kepala OJK Regional 2 – Jawa Barat, Indarto Budiwitono dan Kepala Dinas UMKM, Kusmana Hartadji. Tercatat penerima bantuan adalah pelaku UMKM di sektor perdagangan, manufaktur, kuliner dan hortikultura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *