129.172 Pemilih Akan Mengikuti Pilkada Bateng

5
(100)

Bangka Tengah: Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT), pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 di Kabupaten Bangka Tengah, telah ditetapkan sebanyak 129.172 orang

Hal itu disampaikan Anggota KPU Kabupaten Bangka Tengah Divisi Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (Parmas-SDM), Hendra Sinaga kepada rri.co.id di Koba, (18/10/2020).

“Jumlah total pemilih dalam DPT Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Tengah tahun 2020 ini yang telah ditetapkan sejumlah 129.172 orang, laki-laki sejumlah 66.474 laki-laki dan 62.698 perempuan,” kata Hendra.

Dijelaskannya, dalam prosesnya KPU Bangka Tengah telah melakukan berbagai langkah dari mulai pencocokan dan penelitian data pemilih, serta perbaikan-perbaikan yang memang diperlukan berdasarkan masukan dari berbagai pihak.

“Satupun nama orang jangan sampai tidak masuk dalam daftar pemilih. Harus sinkron dengan sistem data pemilih. Setelah kita data dari manual baru kita masukkan ke sistemnya, jadi datanya betul-betul valid,” ujarnya.

Menurut Hendra, dalam proses sebelum ditetapkannya DPT, KPU Bangka Tengah selalu membangun sinergi yang kuat dengan Bawaslu Bangka Tengah.

“KPU selalu bersama Bawaslu Bangka Tengah, misalnya apa yang kita kerjakan ada yang kurang, Bawaslu dan timnya pasti akan memberi masukan dan itu kita perbaiki atau tindaklanjuti. Inilah sinergitas antara KPU dengan Bawaslu yang selalu kita lakukan sehingga menghasilkan data yang akurat dan akuntabel,” tegasnya.

Lebih jauh, Hendra menegaskan, setelah DPT ditetapkan tidak akan ada lagi perbaikan baik penambahan ataupun pengurangan data.

Meski demikian Hendra memastikan bahwa KPU Bangka Tengah tetap akan mengakomodir masyarakat Bateng yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih namun tidak tercantum dalam DPT yang telah ditetapkan.

“Ini tidak ada lagi perbaikan karena DPT sudah ditetapkan, namun masyarakat yang namanya belum tercantum di DPT tetap bisa menyalurkan hak suaranya dengan menggunakan KTP elektronik di TPS sesuai dengan alamat di KTP. Kita harus melindungi hak pilih masyarakat,” pungkasnya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 100

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Penelitian Baru, Golongan Darah Ini Punya Risiko Lebih Rendah Terkena Virus Corona

Sun Oct 18 , 2020
5 (100) Jakarta – Dua penelitian terbaru menemukan bahwa orang dengan golongan darah O atau B memiliki risiko lebih rendah terkena virus corona dan tidak mengalami sakit parah ketika mereka terinfeksi COVID-19. Salah satu studi baru di antaranya secara khusus menemukan bahwa pasien COVID-19 dengan tipe darah O atau B […]