Turki: Munafik dan Standar Ganda, Prancis Sensor Kartun Menterinya di Charlie Hebdo

0
(0)

Ankara – Kebebasan di Prancis tidak sepenuhnya bebas untuk mengekspresikan pendapat. Meski bebas menghina agama atas nama kebebasan, ternyata mereka tidak boleh menghina pejabat negara.

Contoh kasus ini terjadi pada penayangan karikatur oleh majalah satir Charlie Hebdo yang menghina Islam dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Pemerintah memberikan pembelaan kepada Charlie Hebdo sebagai kebebasan berekspresi. Namun, Prancis malah menyensor kartun Menteri Pendidikan Jean-Michel Blanquer.

Menurut Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu, ini adalah contoh kemunafikan dan standar ganda. “Ini adalah contoh yang tepat dari kemunafikan dan standar ganda,” kata Menlu Mevlut Cavusoglu pada konferensi pers setelah pertemuan informal para menteri luar negeri Proses Kerjasama Eropa Tenggara (SEECP) di provinsi Antalya.

Cavusoglu mengatakan Eropa mulai menampilkan “standar ganda ini” secara terbuka dengan dalih solidaritas di dalam Uni Eropa (UE) atau mendukung negara-negara anggota.

Dia mengatakan meski serangan terhadap nilai-nilai ketuhanan dipandang sebagai kebebasan berekspresi, kritik kecil terhadap diri mereka sendiri dianggap sebagai serangan oleh negara-negara ini.

“Kami menentang semua jenis diskriminasi dan rasisme. Kami melihat semuanya sebagai kejahatan terhadap kemanusiaan,” tegas Cavusoglu.

Bulan lalu, Presiden Prancis Emmanuel Macron menggambarkan Islam sebagai “agama dalam krisis”, dan mengumumkan rencana undang-undang yang lebih ketat untuk menangani “separatisme Islam” di Prancis.

Ketegangan semakin meningkat setelah seorang guru sekolah menengah, Samuel Patty, yang menunjukkan kartun penghinaan Nabi Muhammad di kelas, dibunuh pada 16 Oktober.

Kartun penghinaan oleh Charlie Hebdo juga dipajang di gedung-gedung di beberapa kota Prancis. Macron membela kartun itu, dengan mengatakan Prancis “tidak akan menyerah atas kartun kami,” yang menyebabkan kemarahan di seluruh dunia Muslim. (Aza/AA)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Masa Pandemi Tak Halangi Karang Taruna Cibinong untuk Produktif

Sun Nov 8 , 2020
0 (0) HarianNasional.com – Kementerian Sosial sebagai pembina baik fungsional maupun  teknis terhadap Karang Taruna selalu mendorong untuk tetap produktif dan berkarya di masa pandemi Covid-19. Salah satunya adalah Karang Taruna Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor. Direktur PSPKKM Serimika BR Karo mengunjungi Posko Karang Taruna Kecamatan Cibinong pada Sabtu (7/11/2020). Dalam […]