Studi: Obesitas Dapat Memperburuk Covid-19

0
(0)

Indonesiainside.id, Ankara – Orang yang tertular virus corona dan juga obesitas sering kali mengalami hasil yang lebih buruk. Obesitas juga memiliki beberapa efek perlindungan, menurut seorang dokter terkemuka Turki.

Sebuah meta-analisis dari 19 penelitian “menunjukkan bahwa pada individu dengan obesitas, kebutuhan untuk rawat inap, perawatan intensif, dan pemasangan ventilator meningkat hingga 80% karena Covid-19,” kata Dr Okan Bulent Yildiz, ahli endokrinologi di Sekolah Kedokteran Universitas Hacettepe di ibu kota Turki, Ankara.

Sementara 2 miliar orang di seluruh dunia memiliki masalah berat badan berlebih atau obesitas. Di lain sisi, jumlah kasus Covid-19 telah mencapai hampir 50 juta. Baru-baru ini, dia dan rekan-rekannya melakukan kajian terkait hubungan keduanya.

Namun berbeda dengan efek negatifnya, kata Yildiz, meta analisis juga menemukan “bahwa obesitas tidak meningkatkan risiko kematian pada pasien Covid-19 dalam perawatan intensif. Obesitas ringan sampai sedang bahkan dapat memiliki beberapa efek perlindungan dalam perawatan intensif. Kondisi ini disebut paradoks obesitas. ”

Makanan, Tidur, Stres, Olahraga

Menekankan pentingnya aktivitas fisik sehari-hari selama pandemi, Yildiz mengatakan: “Peningkatan waktu yang dihabiskan di rumah selama periode pandemi, penurunan aktivitas fisik, pola tidur yang terganggu, dan stres yang tinggi membuat pengendalian berat badan sulit bagi orang dengan obesitas”.

Dia menambahkan bahwa hal ini bahkan dapat menyebabkan penambahan berat badan bagi mereka yang sebelumnya tidak memiliki masalah berat badan. “Setiap orang membutuhkan pola makan yang sehat dan seimbang,” kata dokter tersebut, karena makanan merupakan faktor penting untuk mempersiapkan tubuh manusia melawan penyakit.

logo-indonesiainside
Home Lifestyle
Studi: Obesitas Dapat Memperburuk Covid-19
Sal Domirok -08/11/2020 – 6:00 WIB
Tentang stres, dia memperingatkan: “Semakin tinggi tingkat stres seseorang, semakin sulit menurunkan berat badan orang itu.”

“Tidak mungkin untuk mengontrol berat badan Anda jika Anda tidak aktif secara fisik. Untuk itu harus dilakukan senam baik di rumah maupun di luar dengan mematuhi aturan jarak sosial, ”ujarnya. (II)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Diterpa Video Syur, Giselle Anastasia: Ya Udah Dihadapi Saja

Sun Nov 8 , 2020
0 (0) gram Indonesiainside.id, Jakarta – Selebritas Gisella Anastasia, yang akrab dipanggil Gisel, memberikan tanggapannya terkait beredarnya video syur yang diduga mirip dengan dirinya di dunia maya. Gisel mengaku binggung dan juga sedih karena dirinya kembali diterpa rumor video syur yang diduga mirip dengan dirinya tersebut. “Aku bingung klarifikasinya gimana […]