Awal November Ini, Ribuan Buruh Akan Kembali Turun Kejalan

5
(1)

Aksi Buruh

Jakarta – Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal, mengatakan pihaknya menerima informasi bahwa naskah UU Cipta Kerja akan ditandatangani Presiden Joko Widodo pada tanggal 28 Oktober 2020.

Jika Jokowi meneken UU Cipta Kerja, Said Iqbal menyebut puluhan ribu buruh akan kembali melakukan aksi unjuk rasa serentak.

Untuk wilayah DKI Jakarta, aksi unjuk rasa akan melibatkan puluhan ribu buruh dan dipusatkan di Mahkamah Konstitusi (MK) dan Istana Negara pada Senin, 2 November 2020.

“Sebelumnya saya mengatakan tanggal 1 November 2020. Ternyata tanggal 1 adalah hari Minggu, jadi yang benar adalah 2 November, hari Senin,” kata Said Iqbal.

Pada tanggal tersebut, KSPI, KSPSI, AGN, dan 32 federasi/konfederasi serikat buruh akan menyerahkan judicial review ke MK.

Bersamaan dengan penyerahan berkas untuk judicial review, para buruh akan melakukan aksi nasional untuk menuntut MK membatalkan UU Cipta Kerja dan mendesak Jokowi agar segera mengeluarkan Perpu.

“Aksi nasional buruh pada 2 November tersebut dilakukan serempak di 24 provinsi dan 200 kabupaten/kota yang diikuti ratusan ribu buruh. Sedangkan aksi di Istana dan Mahkamah Konstitusi diikuti puluhan ribu buruh,” ucap Said Iqbal.

Aksi tolak UU Cipta Kerja yang digelar massa buruh, mahasiswa, pelajar, dan berbagai elemen masyarakat lainnya pada Kamis, 8 Oktober 2020, di Gedung Sate, Bandung. /PORTAL JEMBER/Mohammad Syahrial

Tak berhenti di situ, KSPI juga merencanakan aksi nasional serentak di 24 Provinsi pada tanggal 9 – 10 November 2020 yang akan diikuti ratusan ribu buruh.

Kesempatan tersebut aan dimanfaatkan untuk menuntut DPR RI mencabut UU Cipta Kerja melalui proses legislative review sesuai mekanisme UUD 1945 Pasal 20, 21, dan 22A serta UU PPP.

Selain menuntut agar UU Cipta Kerja dihapus, para buruh juga menuntut kenaikan upah minimum di tahun 2021 sebesar 8 persen untuk seluruh wilayah di Indonesia.

Di akhi keterangannya, Said Iqbal mengatakan bahwa aksi unjuk rasa yang dilakukan KSPI dan serikat buruh lainnya merupakan aksi anti kekerasan.(PJ)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Acer Umumkan produk terbaru laptop ConceptD 7 dan ConceptD 7 Pro

Sun Nov 1 , 2020
5 (1) Hariannasional.com, Jakarta – Menjawab keluh-kesah para kreator tentang perangkat yang kurang menunjang saat membuat konten, Kini Acer memperkenalkan lini produk bernama ConceptD 7 Dan ConceptD 7 Pro. Pada konferensi pers global Acer next@acer, Acer mengumumkan produk terbaru laptop ConceptD 7 dan ConceptD 7 Pro yang dilengkapi dengan prosesor […]