Bansos Beras Kemensos Tiba di Pulau Terluar Indonesia

0
(0)

HarianNasional.com – Menteri Sosial Juliari P. Batubara mengunjungi Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau untuk memastikan bantuan sosial sampai kepada para penerimanya. Hal ini berkaitan dengan hadirnya negara melalui Kementerian Sosial yang menyambangi salah satu wilayah 3T tertinggal, terluar, dan terdepan Indonesia untuk melakukan penyaluran Bantuan Sosial Beras (BSB) bagi KPM PKH.

“Kementerian Sosial memang baru meluncurkan program tambahan, Bantuan Sosial Beras (BSB) bagi 10juta KPM PKH di bulan ini sampai dengan November nanti,” jelas Juliari P. Batubara, Selasa (22/9/2020).

Berkunjung ke Natuna, Mensos juga sekaligus untuk menghadiri kegiatan Bakti Sosial Operasi Cegah Tangkal Tahun 2020 yang dilaksanakan oleh Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI). 

Dilokasi Gedung PPI, Selat Lampa, Natuna, Kepulauan Riau, Bakamla membagikan bantuan dalam Baksos tersebut. Dalam kunjungannya, Mensos memastikan program-program Kementerian Sosial yang diberikan bagi warga di Kabupaten Natuna betul-betul sampai kepada penerimanya.

Kunjungan maraton Menteri Sosial sekaligus melakukan pengecekan Gudang Bulog Ranai di Kabupaten Natuna untuk memastikan stok beras dan kemasan beras 15kg yang akan diberikan kepada 1.004 KPM PKH yang ada di Kabupaten Natuna. 

Secara simbolis, Menteri Sosial bersama Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Edi Suharto menyerahkan secara simbolis BSB kepada perwakilan KPM PKH yang berdomisili dekat dengan gudang Bulog Ranai.

Bantuan Sosial beras ini merupakan salah satu program Jaring Pengaman Sosial (JPS) yang diluncurkan pemerintah untuk memenuhi salah satu kebutuhan dasar masyarakat yaitu dalam bentuk beras. Sehingga warga masyarakat yang rentan dapat bertahan di tengah pandemic Covid-19 ini. 

Menteri Juliari  juga menyatakan harapannya bahwa bantuan sosial diharapkan dapat menggerakkan perekonomian masyarakat dan membantu masyarakat terutama yang tinggal di daerah 3T.

Perlu diketahui pula bahwa data untuk bantuan sosial beras ini merupakan data KPM PKH yang sudah terverifikasi oleh Kementerian Sosial dan bukan merupakan data baru.

Keterlibatan pemerintah daerah juga sangat penting untuk membantu kelancaran program bantuan sosial. Pemerintah daerah mulai dari Kabupaten/Kota juga turut andil bersama-sama dengan Kementerian Sosial untuk mengurangi angka kemiskinan yang ada di Indonesia. 

Turut hadir mendampingi Menteri Sosial, Kepala Badan Keamanan Laut Laksya Aan Kurnia, Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin Asep Sasa, dan Direktur Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan, dan Restorasi Sosial. (rdk/rex)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Dilecehkan saat Rapid Test Bandara, LHI Diperiksa

Wed Sep 23 , 2020
0 (0) Jakarta: Korban kasus dugaan pemerasan dan pelecehan seksual rapid test di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, berinisial LHI melalui media sosial mengatakan, telah mengikuti pemeriksaan psikologis di di Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak di Gianyar, Bali. Menurut Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus […]