Merasa Dipersulit Dapatkan Ganti Rugi Warga Gruduk Kantor BPN Kota Bekasi

0
(0)

HarianNasional.com – Tak kunjung mendapatkan hak atas lahan tanah miliknya, ratusan ahli waris tanah seluas 4,2 hektar geruduk Kantor Pertanahan ATR BPN Kota Bekasi, Jawa Barat.

Aksi yang didominasi para kaum lansia ini menggelar protes dengan membentangkan beragam spanduk dan poster kecaman atas tak kunjung dicairkannya uang kongsinyasi yang telah dititipkan di Pengadilan Negeri Kota Bekasi senilai Rp 218.893.207.401 milyar. Desakan agar segera dicairkannya uang kongsinyasi dikarenakan, putusan PK ke-2 MA sudah Inkrah.

“Kehadiran kami menuntut hak kami yang tak kunjung dicairkan. Apa kendalanya, proses pengadilan di Mahkamah Agung sudah inkrah, memenangkan warga,” ujar koordinator aksi, Sulaiman Pembela, dilokasi aksi Kantor ATR BPN Kota Bekasi, Senin (31/8/2020).

Sulaiman merasa heran, warga yang telah dinyatakan menang seolah dipermainkan oleh institusi negara, baik Pengadilan dan BPN Kota Bekasi. “Kami meminta diterbitkan rekomendasi dari BPN untuk pencairan, yang akan kami bawa ke kantor Pengadilan,” jelas Sulaiman.

Sementara itu penasehat hukum para warga, H Dani Bahdani, yang turut nadir dalam aksi gruduk BPN menyatakan keheranannya. Namun dirinya tak akan lelah dalam membela warga. 

“Dalam jangka 2 atau 3 hari kedepan saya akan bawa persoalan ini ke BPN pusat, terkait validasi pembayaran uang ganti rugi,” jelas Dani Bahdani.

Lebih jauh Dani berharap BPN kota bekasi dapat menyelesaikan persoal warga yang terkatung-katung selama 21 tahun dengan seadil-adilnya.

Sementara itu, Fatuhuri, Kepala Seksi Penanganan dan pengendalian sengketa pertanahan BPN Kota Bekasi menyatakan telah menerima para warga dan telah menginventarisir yang menjadi kendala. Pihak BPN akan segera mendata dokumen yang dimiliki warga.

Terkait validasi akan berapa lama, pihak BPN justru menunggu proaktifnya masyarakat. “Tinggal masyarakat harus aktif, mereka harus memberitahu batas tanahnya yang di bebaskan ini yang mana kan disitu banyak,” imbuh Fatuhuri. (rex/rdk)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Harga Minyak Dunia Kembali Melorot Ditengah Ketidakpastian Permintaan Pasar

Tue Sep 1 , 2020
0 (0) Jakarta – Harga minyak mentah global melemah pada akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB), dengan Brent tergelincir dari level tertinggi lima bulan karena permintaan global tetap di bawah tingkat sebelum COVID-19, sementara produksi minyak Amerika Serikat naik tipis. Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman November, merosot 53 sen […]