Diduga Terjadi Money Laundry Dana Koperasi CSI Group, Anggota Desak KPK Turun Tangan

0
(0)

HarianNasional.com – Diduga ada penyelewengan dana didalam Koperasi Cakrabuana Sukses Indonesia (CSI Group) yang digunakam dalam pembentukan sebuah basan usaha. Salah satu anggota koperasi menyebut adanya temuan baru penyelewengan aliran dana tersebut.

“Penemuan baru aliran dana Koperasi Cakrabuana Sukses Indonesia atau CSI Group Kepada Perempuan yang bernama Yoanna Bangun,” ungkap Alex Refli kepada awak media, Jumat (28/8/2020).

Lebih jauh Alex Refli menjelaskan, bahwa temuan aliran dana tersebut digunakan untuk mendirikan sebuah perusahaan yang kabarnya telah berjalan sejak 2015 silam. “Diduga dijadikan pencucian uang atau money laundry di PT Luhur Bangun Perkasa Sejak 2015,” ujar Alex.

Dalam penelusurannya, Alex mengatakan bahwa aliran dana didapat dari seseorang yang juga pihak koperasi CSI Group. Dimana sosok tersebut kabarnya berstatus sebagai terdakwa dan kini tengah mendekam di Rutan Kelas I Cirebon, Jawa Barat. 

“Dana itu di hasilkan dan diberikan oleh saudara terdakwa M Yahya yang saat ini sebagai terdakwa pihak koperasi CSI Group,” imbuhnya. 

Terkait hal ini, Alex Refli sebagai bagian dari koperasi, mendesak kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk bisa melakukan pengusutan terhadap kasus aliran dana tersebut.  

Diketahui, Koperasi CSI Group tengah bermasalah dan petinggi-petingginya tengah menjalani proses hukum. Rekening PT CSI sendiri ditutup pada 29 November 2016.

CSI Group telah dilaporkan oleh OJK dan Satgas Waspada Investasi ke Bareskrim Polri atas dugaan tindak pidana melakukan penghimpunan dana berdasarkan prinsip syariah tanpa izin usaha (pasal 59 UU 21/2008 tentang Perbankan Syariah).

Hasil penyidikan Bareskrim Polri, PT CSI dijerat dengan tindak pidana pencucian uang sesuai pasal 5 UU 8/2010 tentang Pencegahan Tindak Pidana Pencucian Uang. (rex/rdk)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Pengadilan Agama Jakbar Luncurkan Enam Inovasi Aplikasi Online

Fri Aug 28 , 2020
0 (0)   Pengadilan Agama (PA) Jakarta Barat meluncurkan enam aplikasi berbasis online, Jumat (28/8), di kantor PA Jakbar, Jalan Pesanggrahan Raya No 32, Kembangan. Peluncuran dihadiri Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung (Dirjen Badilag MA), Aco Nur, Wakil Wali Kota Jakarta Barat HM Zen, Ketua PA Jakbar Mohamad […]