by

10 Nakes di Banyuwangi Terpapar Covid-19

Banyuwangi: Sebanyak 10 tenaga kesehatan (nakes) yang memberikan pelayanan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), di Kabupaten Banyuwangi, terpapar Covid-19.

Dari jumlah tersebut 9 diantaranya bertugas diwilayah Kecamatan Tegaldlimo Banyuwangi, dan mereka diduga tertular saat melakukan penanganan tracing dan testing, dua klaster Covid-19, yang ada terjadi diwilayah setempat.

Kepada Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr Widji Lestariono, Rabu (23/6/2021) membenarkan hal tersebut, menurut dr Rio, dari 10 nakes tersebut, 1 nakes berasal dari puskemas Tegaldlimo, 8 puskesmas Kedungwungu kecamatan Tegaldlimo, dan 1 nakes dari Puskesmas Licin.

“ya benar, 1 nakes dari Puskesmas Tegaldlimo yakni seorang Dokter, kemarin saya dapat laporan ada 8 di Puskesmas Kedungwungu, yang berada di Kecamatan Tegaldlimo, dan hari ada 1 nakes dari Puskesmas Licin,” ungkap dr Rio.

Meski ada beberapa tenaga kesehatan yang terpapar COVID-19, pelayanan di 3 pusekemas tersebut, yakni Puskesmas Tegladlimo, Kedungwungu, dan Licin tetap memberikan pelayanan sebagaimana biasa.

“3 Puskesmas tersebut masih tetap beroperasi memberikan pelayanan terhadap masyarakat, sekaligus melakukan tracing terhadap kontak erat dalam klaster yang terjadi diwilayah setempat,” jelas dr Rio.

Dari 10 nakes tersebut, 9 nakes masih melakukan isolasi mandiri, karena masuk kategori gejala ringan, sedangkan 1 nakes dari Puskesmas Licin, masih dirawat di Rumah Sakit.

Dengan adanya nakes yang terpapar Covid-19 tersebut, Dinas Kesehatan Banyuwangi meminta masyarakat tidak abai terhadap, penerapan protokol kesehatan, mulai disiplin mengunakan masker, rajin mencuci tangan, menjauhi kerumunan, sebagai antisipasi penyebaran Covid-19.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *