10 April, Wamenag Prediksi Idulfitri Di Tahun 2024

Jakarta: Wakil Menteri Agama (Wamenag) Saiful Rahmat Dasuki memprediksi Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah jatuh pada Rabu (10/4/2024). Hal ini berdasarkan kriteria visibilitas hilal yang telah disetujui para Menteri Agama di Malaysia, Brunei Darussalam, Indonesia, dan Singapura (MABIMS).

“Berdasarkan kriteria MABIMS, telah disepakati hal itu memenuhi kriteria visibilitas hilal, imkanur ru’yat. Yakni setinggi hilal 3 derajat dan sudut elongasi 6,4 derajat,” kata Wamenag dalam keterangannya, dikutip Selasa (26/3/2024).

Dia memastikan, pihaknya telah berkoordinasi dengan seluruh Satuan Kerja (Satker) Kementerian Agama (Kemenag) RI yang berada di daerah-daerah. Hal ini untuk mempersiapkan tempat pelaksanaan salat Idulfitri 1445 Hijriah, termasuk di sejumlah daerah yang sedang dilanda banjir.

Sehingga, lanjut dia, berbagai upaya dapat dilakukan untuk mengantisipasi daerah yang masih mengalami bencana banjir pada 1 Syawal 1445 Hijriah. Dia berharap, Idulfitri 1445 Hijriah di Indonesia dapat dirayakan pada tanggal yang sama.

Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Thomas Djamaluddin mengatakan, akan adanya kemungkinan persamaan pada pelaksanaan Idulfitri 1445 Hijriah. Baik versi pemerintah maupun organisasi masyarakat.

“Saat sidang Isbat 9 April 2024 akan diputuskan bahwa Idulfitri jatuh pada 10 April 2024. Itu sama dengan kriteria wujudul hilal yang sudah dilakukan salah satu ormas, sehingga nanti Idulfitri akan seragam pada 10 April 2024,” kata Thomas.

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *