Friday, June 18

1.000 Kasus covid – 19 dalam Sehari Di jakarta

Jakarta: Setelah melandai selama beberapa waktu, penambahan kasus positif Covid-19 di DKI Jakarta kembali meningkat dan menyentuh angka 1.000 dalam satu hari.

Laman resmi penanganan Covid-19 Jakarta, corona.jakarta.go.id, mencatatkan penambahan kasus sebesar 1.064 sepanjang Minggu (30/5/2021).

Dengan begitu, total kasus Covid-19 di Ibu Kota per hari Minggu kemarin menjadi 429.333. Sebanyak 7.309 dari pasien positif tercatat meninggal dunia, seperti dilansir Antara dan diberitakan Kompas.com.

Peningkatan kasus ini terjadi pasca libur Lebaran pada pekan kedua bulan Mei 2021.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto mengatakan, kenaikan kasus Covid-19 mulai terlihat dua pekan pasca Hari Raya Idul Fitri tahun ini yang jatuh pada tanggal 13 dan 14 Mei 2021. “Pelajaran dari libur panjang sebelumnya, lonjakan kasus terjadi pada 4-5 minggu setelah liburan,” ujar Airlangga dalam keterangan tertulis, Kamis (27/5/2021) seperti dikutip dari Kompas.com.

Secara nasional, kasus harian pada minggu lalu tercatat di sekitar angka 5.000 per hari. Setengah dari kasus aktif di Indonesia tersebar di Pulau Jawa, sementara seperempat di antaranya ada di Pulau Sumatera.

Adapun 5 provinsi yang berkontribusi paling besar atas kasus aktif nasional adalah Jawa Barat, DKI Jakarta, Papua, Jawa Tengah, dan Riau.

“Setelah pemantauan dua minggu pasca lebaran ini, kita terus memonitor dengan ketat perkembangan kasusnya pada dua atau tiga minggu selanjutnya, dan mengantisipasi melalui perpanjangan PPKM Mikro dan pengetatan persyaratan perjalanan pasca libur lebaran,” pungkas Airlangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *